Jenis Jenis Kualitas Film di Internet

Mengenal Jenis Kualitas Film di Internet
Source Flicker


Dari jenis-jenis media yang yang beredar saat ini, maka konten video dengan kualitas High Definition yang dapat didownload dari internet berdasarkan kualitas video adalah sbb:

Bluray ISO

Bluray ISO atau disebut juga BD-ISO merupakan salinan exact copy dari cakram bluray tanpa ada pengurangan konten aslinya, kualitas video yang didapatkanpun akan sama persis seperti aslinya. Biasanya file Bluray ISO memiliki ukuran yang sangat besar, berkisar antara 30 sampai 50 GB. File format BD-ISO biasanya hanya tersedia melalui Torrent.

Bluray Remux

Sering disebut sebagai BD-Remux merupakan konten video high definition yang di-shrink guna mengurangi ukuran file yang akan diunggah atau disebarkan melalui internet. Bagian yang di-shrink biasanya adalah audio stream, subpicture stream ataupun gallery yang terdapat didalam kepingan Bluray originalnya. Biasanya dalam sebuah kepingan Bluray original didalamnya terdapat lebih dari satu stream audio yang dapat dipilih, misalnya DTS 5.1, DTS HD-MA ataupun Dolby ThrueHD. Begitupula dengan subtitle yang biasanya terdapat beberapa pilihan bahasa.
Dengan demikian sebuah BD-Remux akan memiliki ukuran data yang jauh lebih kecil tanpa harus mengurangi kualitas video dan audio didalamnya. Sebuah file BD-Remux biasanya berukuran antara 15 GB hingga 25 GB. File dalam format BD-Remux biasanya juga masih berbentuk .iso dan hanya tersedia melalui Torrent.

Bluray Encode

Memiliki banyak sebutan,diantaranya Bluray Rip, BDRip, BR-Rip, ataupun miniHD. Merupakan konten video high definition yang di re-encode kembali dengan tujuan mengurangi ukuran filenya dengan cara menurunkan faktor kuantisasi dan bitrate. Akan ada penurunan kualitas dari video aslinya, namun tergantung dari kemampuan dan keahlian encodernya. Biasanya sebuah film Bluray Rip 1080p memiliki ukuran file sekitar 7 GB hingga 12 GB, sedangkan Bluray Rip 720p biasanya berukuran antara 4 GB hingga 7 GB. Sebuah film Bluray Rip biasanya menggunakan format H.264/AVC dengan container Matroska (.mkv) ataupun MP4 (.mp4). Sekarang banyak beredar Bluray Encode dengan format HEVC atau x265. Namun untuk memutarnya dibutuhkan PC dengan spesifikasi RAM 2GB keatas dan Prosesor minimal Dual Core untuk PC keluaran baru.

HD WebRip

Sebuah video dengan resolusi HD yang di-rip dari sebuah situs web, kualitasnya sama dengan Bluray Rip, tapi kadang juga bisa sedikit lebih baik atau lebih buruk. Pada umumnya HD WebRip hanya memiliki audio dalam 2 channel saja, walaupun ada juga yang multichannel. Besar ukuran filenya biasanya sekitar 5 GB untuk 1080p dan 3 GB untuk 720p. Format yang digunakan sama seperti Bluray Rip dengan container MKV atau MP4.

HDTV Rip

Sebuah video dengan resolusi HD yang sumbernya berasal dari siaran DVB-T2 yang di-rip. Standar siaran DVB-T2 menggunakan kompresi MPEG4 AVC/H.264 secara real-time oleh karena itu biasanya kualitasnya masih dibawah WebRip ataupun Bluray Rip. Ukurannya pun biasanya hanya berkisar antara 1.5 GB hingga 2.5 GB dengan bandwidth berkisar antara 2500 Kbps hingga 4000 Kbps.

DVD-ISO

Sebuah DVD-ISO merupakan salinan yang di-rip dari cakram DVD tanpa adanya pengurangan kualitas aslinya, walaupun terkadang dilakukan shrink untuk mengurangi ukuran filenya. Ukuran DVD ISO biasanya 3 GB hingga 8.2 GB, namun pada umumnya berukuran sekitar 4 GB. Sebab terdapat 2 jenis cakram DVD yaitu DVD5 (single layer) dan DVD9 (double layer).
Walaupun sebuah fle DVD ISO berukuran besar, namun dalam hal kualitas video masih kalah dengan Bluray Rip 720p dengan ukuran yang sama.
DVD-Video masih menggunakan format MPEG-2 yang kompresinya jauh lebih rendah dan juga maksimum resolusi videonya yang hanya 576p.

DVD-Rip

DVD-Rip merupakan konten video yang di re-encode dari cakram dvd video, sehingga terjadi pengurangan kualitas video dan audionya. Biasanya DVD-rip di re-encode dalam container AVI menggunakan format DivX ataupun Xvid, tapi saat ini DVD-Rip seringkali di re-encode ke dalam format x264 agar lebih efisien dalam hal ukuran data hasil re-encodenya. Sebuah DVD-Rip dalam container AVI (menggunakan format DivX atau XviD) biasanya berukuran 700 MB hingga 1.5 GB, sedangkan DVD-Rip dalam container MKV atau MP4 (Menggunakan format H.264/x264) biasanya memiliki ukuran yang jauh lebih kecil, biasanya berkisar 700 MB hingga 1 GB.

Selain dari jenis medianya file sebuah film juga dikategorikan berdasarkan standardisasi video. Terbagi 2 bagian, yaitu:

  1. Standard Definition Video (SD)
Memiliki resolusi sekitar 0.5 Megapixel atau lebih rendah. Contoh Video CD, DVD Video, dan siaran televisi analog. Beberapa resolusi yang memakai konten standard definition diantaranya
  • 576p
Biasanya dipakai pada DVD, dengan resolusi 720×576 pixel. Menggunakan Aspect ratio 1.25:1, sehingga bisa cocok dengan televisi jenis CRT yang msih banyak dipakai di Indonesia. Aspect ratio layar CRT adalah 1.33:1. Itu sebabnya tampilan layar akan terdapat border hitam yang tidak terlalu lebar pada bagian kiri dan kanan (pillar box).
  • 480p
Sering ditemukan pada DVD. Pada DVD video 480p memiliki resolusi 720×480 pixel dengan aspect ratio adalah 1.50:1, sehingga pada televisi CRT biasanya akan muncul border hitam pada bagian atas dan bawah (letter box).
  • 360p
Banyak terdapat pada streaming youtube dan beberapa website video streaming lainnya. Resolusinya adalah 640×360 pixel dengan aspect ratio 1.78:1. Video ini akan dapat ditampilkan secara fullscreen pada layar televisi ataupun monitor LCD. Kelemahannya adalah gambar yang ditampilkan akan menjadi buram dan pecah karena pada umumnya layar LCD memiliki resolusi minimalnya 2 kali lebih besar daripada layar CRT. Lebih cocok ditonton pada layar televisi CRT, walapun mungkin tidak ditampilkan secara fullscreen karena akan muncul letterbox

2. High Definition Video (HD)

Video HD biasanya memiliki resolusi kurang lebih 1 Megapixel. Umumnya memiliki aspect ratio wide, cinemascope, atau anamorphic wide. Contohnya adalah siaran televisi digital HD dan Bluray video.

High Definition biasanya memiliki resolusi 720p dan 1080p, dibawah ini penjelasan dan perbedaan antara 720p dan 1080p

  • 720p
Sering dipakai pada konten video dengan media Bluray, siaran webseries di internet seperti Netflix. Memiliki resolusi 1280×720p dengan aspect ratio 1.78:1. Saat ini Bluray disc sudah jarang menggunakan resolusi 720p. Tapi pada beberapa produksi masih dijumpai, terutama untuk remastering film-film jadul. Kepingan bluray yang digunakan biasanya adalah single layer yang memiliki kapasitas 25 GB. Resolusi yang digunakan adalah 1280×545 dengan aspect ratio 2,35:1 karena pada umumnya kebanyakan film diproduksi untuk standar bioskop. Namun untuk produksi film yang lebih modern, biasanya resolusi yang digunakan adalah 1280×536 dengan aspect ratio 2.39:1 (anamorphic wide).
Sehingga pada kebanyakan jenis televisi apapun, akan ditampilkan letterbox pada layarnya. Terlebih lagi pada televisi CRT, tampilan letterbox akan lumayan lebar sehingga tidak nyaman lagi untuk ditonton.

  • 1080p
Resolusi 1080p sering juga disebut dengan Full HD. Biasanya ditemukan pada konten video dengan media Bluray dan siaran televisi digital yang sudah mengusung teknologi full HD dan layanan streaming di internet. Pada siaran televisi digital full HD memiliki resolusi 1920×1080p dengan aspect ratio 1.78:1. Layar televisi atau monitor LCD Full HD biasanya memiliki resolusi 1920×1080p dengan aspect ratio 16:9.
Film pada media Bluray disc dengan kualitas 1080p, biasanya memiliki resolusi 1920×816 dengan aspect ratio 2.35:1 ataupun 1920×802 dengan aspect ratio 2.39:1. Kepingan Bluray disc yang digunakan untuk memuat video 1080p biasanya menggunakan dual layer dengan kapasitas 50 GB.


Dalam sebuah video, selain tampilan gambar ada pula suara. Untuk konten HD biasanya kompresi audio menggunakan DTS atau AC3. Untuk DTS diperlukan bitrate sekitar 1500 kbps untuk audio 6 kanal (5.1 channel) atau sekitar 700 kbps untuk audio stereo (2 channel). Sedangkan AC3 biasanya menggunakan bitrate 640 kbps untuk audio 6 kanal atau sekitar 384 kbps untuk audio stereo.
Sehingga film HD dengan resolusi 1080p dengan audio DTS 5.1 berdurasi sekitar 2 jam dapat memiliki ukuran file sebesar mulai dari 6 GB hingga 40 GB. Nah, dari sini mungkin sudah bisa ditebak kenapa film seperti yang didownload dari situs semacam ganool.com, atau yify yang katanya dibilang HD, ternyata belum memenuhi persyaratan minimum untuk konten video HD baik dari kualitas gambar maupun audionya. Kualitasnya jelas saja masih jauh dari HDTV-Rip 1080p yang biasanya berukuran sekitar 2.5 GB untuk durasi sekitar 1 jam.



3 Comments

  1. kurang nih penjelasannya :D
    https://i.gyazo.com/b2d51585371ae90282e80bd663b9110c.png

    ReplyDelete
    Replies
    1. yang diatas cuman yang umum dan sering dijumpai sekarang, sudah jarang ada kualitas video VCDRip, VHSRip untuk sekarang

      Delete
  2. Yang 4K sama Imax juga dong jelasin

    ReplyDelete